AISYAH, NUR (2020) PENGARUH AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI KELAS TAHFIDZ SMP NEGERI 10 PALEMBANG. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
skripsi BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
skripsi BAB II.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi BAB III.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi BAB IV.pdf Download (850kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi BAB V.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
SMP Negeri 10 Palembang merupakan sekolah dengan predikat yang unggul di bidang iman dan taqwa (IMTAQ), maka salah satu upaya sekolah dalam menanamkan nilai-nilai agama kepada siswa yaitu membentuk kelas tahfidz dengan tujuan untuk mencerdaskan siswa tidak hanya dari segi intelektual dan emosional saja tetapi juga menyeimbangkannya secara spiritual. Merujuk pada tujuan tersebut diharapkan siswa dapat menerapkan berbagai kegiatan yang ada di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Namun ada beberapa permasalahan yang peneliti temukan saat observasi yaitu kurangnya keseriusan dalam mengikuti serangkaian aktivitas menghafal Al-Qur’an, kurang menghayati setiap hafalannya, masih ada siswa yang baru sibuk menghafal ketika tiba waktu untuk menyetor hafalan, hanya berfokus menambah hafalan namun tidak mengulang-ulangi hafalannya, serta beberapa siswa sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya sedangkan yang lain sibuk muroja’ah hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa di kelas tahfidz SMP Negeri 10 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi yang dalam hal ini data primernya yaitu siswa yang menjadi responden dan data sekunder yaitu guru dan lain-lain, adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden. Untuk analisis data menggunakan rumus product moment “r” Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment, dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual siswa di kelas tahfidz SMP Negeri 10 Palembang, diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% yaitu 0,220 <0,56> 0,286 maka Ha dapat diterima ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual siswa di kelas tahfidz SMP Negeri 10 Palembang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 04:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 04:27 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7793 |
Actions (login required)
View Item |