PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 31 PALEMBANG

Nurhidayati, UMI (2021) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 31 PALEMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Judul dari penelitian ini yaitu “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di SMP N 31 Palembang”. Permasalahan dalam penelitian ini ialah belum sepenuhnya melaksanakan koordinasi, motivasi serta pengarahan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar sehingga masih terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan belajar seperti kurangnya semangat untuk mengikuti proses belajar di kelas, kurang berkonsentrasi saat mendengarkan materi pelajaran dan kurang aktif di dalam kelas atau tidak mau bertanya untuk halhal yang tidak diketahuinya, sehingga menyebabkan beberapa peserta didik yang masih terkendala dalam menyerap materi pelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informasi dalam penelitian ini ialah Kepala sekolah, Waka Kurikulum, Guru Bimbingan Konseling, dan Siswa.Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pendapat Miles dan Hubermen terdiri dari reduksi data (Data reduction), penyajian data (Data Displey), dan penarikan kesimpulan ( Conclusion Drawing / verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan layanan bimbingan belajar dalam mengatasi belajar peserta didik di SMPN 31 Palembang sudah terlaksanakan dengan baik karena hal ini dilihat dari segi waktu pelaksanaannya yang dilakukan saat siswa mengalami permasalahan langsung ada tindak lanjut dari guru BK, teknik yang digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa mengingat bahwa setiap peserta didik mempunyai karakteristik yang bebeda-beda sehingga penangannya pun berbeda, fasilitas yang diperlukan sudah memenuhi kebutuhan pelaksanan layanan bimbingan belajar, serta kerjasama antar pegawai sudah terjalin dengan baik. Kemudian terdapat 2 faktor dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Di mana faktor pendukung dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMPN 31 Palembang ini adalah, adanya fasilitas dan sumber daya manusia sertakerja sama yang baik antar pegawai, yaitu antara pihak kepala sekolah, waka kurikulum wali kelas dengan guru BK. Faktor penghambat dalam pelaksanan layanan bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMPN 31 Palembang ini adalah kurangnya koordinasi antar pegawai, kurangnya tenaga pegawai atau personil bimbingan konseling, dan kurangnya partisipasi orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? LB1603 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:21
Last Modified: 10 Mar 2021 02:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8427

Actions (login required)

View Item View Item