UPAYA GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA DAN TULIS AL-QUR’AN MURID DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AULIA CENDEKIA PALEMBANG

Dwi Sari, Martha (2021) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA DAN TULIS AL-QUR’AN MURID DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AULIA CENDEKIA PALEMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran pendidikan Agama Islam yang digunakan sebagai wahana pemberian pengetahuan, bimbingan dan pengembangan kepada murid agar dapat memahami, meyakini dan menghayati kebenaran ajaran Islam serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mata pelajaran ini sangat penting diajarkan kepada murid, Disinilah peran guru Al-Qur’an Hadist dalam memberikan pembelajaran yang benar, guru harus memiliki kreatifitas dalam mengembangkan strategi dan metode pembelajaran agar murid tidak bosan sehingga menimbulkan kurangnya minat murid dalam belajar. Sedangkan metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan jenis data Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, subjek penelitian yakni guru Al-Qur’an Hadist yang berjumlah ±7 orang dan salah satu murid, dan metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah melalui observasi yang dilakukan pada tanggal 03 September 2020, kemudian Penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2020, dokumentasi, dan wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 05 September 2020 dengan mewawancarai guru-guru Al-Qur’an Hadist, kepala madrasah, Murid, dan Staf di MI Aulia cendekia Palembang. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa 1).Kemampuan baca dan tulis AlQur’an murid dikategorikan sedang 2).Terdapat 6 upaya yang dilakukan guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an murid 3).Terdapat 4 Faktor Pendukung dan terdapat 8 faktor penghambat dalam upaya meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an murid. Kata Kunci : Al-Qur’an, Kemampuan, Baca dan Tulis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? L1 ??
?? LB1501 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:24
Last Modified: 16 Mar 2021 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8453

Actions (login required)

View Item View Item