SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MAMBA’UL HIKAM PALI SUMATERA SELATAN.--

Fauza'i, Nafally (2021) SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MAMBA’UL HIKAM PALI SUMATERA SELATAN.--. Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Pesantren adalah lembaga pendidikan yang tetap mempertahankan tradisonal islamnya, serta tumbuh dan diakui oleh masyarakat sekitar, memiliki sistem asramanya, santri-santrinya mendapatkan pendidikan agama melalui sistem madrasah atau pengajaran yang dipimpin oleh kyai yang memiliki khas dan selalu independenb dalam segala hal. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam PALI Sumatera Selatan, bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui sistem pendidikan Mambaul Hikam Kabupaten PALI. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung sistem pendidikan pondok pesantren Mambaul Hikam Kabupaten PALI. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu agar bisa menjawab permasalahan-permasalahan yang diperlukan melalui pemahaman secara mendalam dalam konteks, situasi dan waktu yang dilakukan tanpa adanya manipulasi dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian memakai purposive sampling adalah pengambilan data sesuai dengan pertimbangan tertentu, yang dimaksud dari itu orang-orang yang dianggap mengetahui yang akan diteliti. Hasil Penelitian menyatakan bahwa Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam PALI menggunakan sistem kholafiyah yang menggabungkan antara salaf dan modern. Faktor yang menghambat aktivitas dalam aktivitas sistem pendidikan terbagi menjadi dua internal dan eksternal. Untuk internal yakni, fasilitas sarana dan prasarana yang kurang memadai, kesulitan dalam pengondisian santri.Dari eksternal yakni tidak adanya perhatian dari pemerintah terhadap pesantren, kompetisi anatar lembaga, kurangnya antusias masyarakat terhadap pondok pesantren. Adapun faktor yang mendukung dalam aktivitas sistem pendidikan pondok terbagi menjadi dua internal dan eksternal. Untuk internal adalah kinerja pengajr dan ustadz-ustadzah yang memadai, kyai menjadi suritauladan, kurikulum yang unggul, biaya pendidikan yang terjangkau. Dan untuk eksternal adalah dukungan dari para Wali Santri dan sebagian masyarakat Kunci : Sistem Pendidikan, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Mar 2021 01:23
Last Modified: 22 Mar 2021 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8487

Actions (login required)

View Item View Item