HUBUNGAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TERUSAN MENANG.--

Izma, Tri (2021) HUBUNGAN MINAT BACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TERUSAN MENANG.--. Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Minat baca merupakan dorongan untuk memahami kata demi kata dan isi yang terkandung dalam teks bacaan tersebut, sehingga pembaca dapat memahami hal-hal yang dituangkan dalam bacaan itu. Perpustakaan sekolah didirikan dengan tujuan sebagai sumber informasi dan sumber belajar. Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pendidikan pada siswa yang mengikuti proses pembelajaran terkhususnya pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana minat baca siswa, hasil belajar matematika serta hubungan minat baca dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Terusan Menang dengan sampel sebanyak 26 orang. Pengumpulan data minat baca diperoleh dari angket, sedangkan hasil belajar diperoleh dengan mengambil nilai Ulangan Harian pelajaran matematika materi perkalian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca di perpustakaan sekolah siswa kelas IV termasuk sedang dan hasil belajar matematika materi perkalian mereka termasuk baik sekali. Serta berdasarkan hasil hipotesis diperoleh rhitung ≥ rtabel. maka tolak Ho dan Ha diterima berarti signifikan 0,622 ≥ 0,388 besar korelasi antara minat baca di perpustakaan sekolah dengan hasil belajar matematika materi perkalian termasuk dalam kategori yang kuat. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca di perpustakaan sekolah dengan hasil belajar matematika materi perkalian siswa kelas IV SD Negeri 1 Terusan Menang. Kata kunci: Minat Baca, Perpustakaan dan Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? L1 ??
?? LB1501 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:58
Last Modified: 24 Mar 2021 03:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8497

Actions (login required)

View Item View Item