PENGARUH METODE SYNERGETIK TEACHING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 PALEMBANG

THARIQ, HABIBI (2019) PENGARUH METODE SYNERGETIK TEACHING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Metode Synergetik Teaching Terhadap Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 13 Palembang”. Metode Synergetik Teaching ini bermaksud untuk meningkatkan aktivitas siswa, membangkitkan suasana dikelas untuk selalu aktif di dalam kelas. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran synergetik teaching terhadap aktivitas belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Palembang. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi yang dipilih dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 374 siswa yang terdiri dari 11 rombel, dari jumlah populasi tersebut kelas VIII2 dan VIII4 dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 68 siswa. Sumber data primer adalah yang diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari hasil angket, observasi dan dokumentasi sekolah yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik uji t. Hasil penelitian, dapat disimpulkan: Pertama, Aktivitas Belajar siswa kelas Kontrol pada Metode Synergetic Teaching tergolong tinggi. Dilihat dari perolehan nilai rata-rata (mean) yakni 117,5. Kedua, Aktivitas Belajar siswa kelas Eksperimen pada Metode Synergetic Teaching tergolong rendah. Dilihat dari perolehan nilai rata�rata (mean) yakni 225,3. Ketiga, t0 telah diperoleh 1.036 sedangkan tt = 0,244 dan 0,317. maka t0 adalah lebih besar dari pada tt , baik pada taraf signifikansi 5 % maupun taraf signifikansi 1% dengan rincian : 0,244 1.036

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:42
Last Modified: 06 Jul 2021 08:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8834

Actions (login required)

View Item View Item