UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR KELAS VII DI MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG

HILDA, JUANDA (2020) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR KELAS VII DI MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Akidah Akhlak dalam memotivasi pembelajaran serta faktor penghambat dalam memotivasi belajar siswa kelas VII di MTs Aulia Cendekia Palembang. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data yang direduksi, disajikan dan diverifikasi, kemudian dilakukan uji validitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan antara lain: 1) upaya guru Akidah Akhlak dalam memotivasi belajar siswa kelas VII di MTs Aulia Cendekia Palembang yaitu pertama mengetahui karakter siswa dan membangun ikatan emosional antara guru dan siswa, kedua guru tersebut menggunakan pembelajaran menarik dan metode pembelajaran yang variatif, ketiga guru menyampaikan pentingnya pembelajaran Akidah Akhlak, keempat guru memberikan suasana yang menyenangkan, kelima memberikan pujian kepada siswa, keenam memberikan penilaian, ketujuh memberikan komentar atas hasil tugas siswa. 2) faktor penghambat dalam memotivasi belajar siswa kelas VII di MTs Aulia Cendekia palembang yaitu faktor internal yang meliputi: kurangnya pemahaman siswa, kurangnya bahan ajar siswa, dan kurangnya disiplin diri siswa. Faktor eksternal tersebut antara lain: kondisi guru dan siswa yang tidak selalu prima dan kebersihan kelas kurang dijaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:58
Last Modified: 06 Jul 2021 08:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8923

Actions (login required)

View Item View Item