ROSA FADHILAH, SARI (2019) PENGARUH MANFAAT MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MI AL-AMALUL KHAIR PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
COVER DAN LAIN-LAIN.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III..pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV..pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V..pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Manfaat media lingkungan sebagai sumber belajar adalah proses pembelajaran peserta didik belajar langsung dengan menggunakan lingkungan sekitar dan dapat melihat langsung kejadian-kejadian di alam sekitar. Sumber belajar lingkungan ini akan semakin memperkaya wawasan dan pengetahuan anak karena mereka belajar tidak terbatas oleh tempat dan dinding kelas. Selain itu, kebenarannya juga akurat, sebab anak dapat melihat secara langsung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA kelas III MI Al-Amalul Khair Palembang, (2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pemanfaatan media lingkungan pada mata pelajaran IPA kelas III di MI Al-Amalul Khair Palembang, (3) Adakah pengaruh pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas III di MI Al-Amalul Khair Palembang. Jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yaitu kelas III B yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji linearitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasi belajar , hal ini ditunjukkan oleh nilai sig sebesar 0,000 lebih < dari 0,05 dan t hitungnya sebesar 10.617 lebih besar dari t tabel taraf 5% yakni 1.699 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Yang berarti terdapat pengaruh antara pretest dan post test.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 02:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 02:15 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9099 |
Actions (login required)
View Item |