PERAN PENDIDIKAN NONFORMAL KELOMPOK BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK-ANAK DI DESA PAGAR AYU KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS

ISNA, REFRIANA (2021) PERAN PENDIDIKAN NONFORMAL KELOMPOK BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK-ANAK DI DESA PAGAR AYU KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran di pendidikan formal masih banyak ditemui anak atau peserta didik yang mengalami kesulitan belajar tidak terkecuali anak-anak di Desa Pagar Ayu. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan baik gangguan dari dalam diri peserta didik maupun dari luar peserta didik. Pendidikan nonformal adalah sebuah pendidikan yang ada dilingkungan masyarakat yang berperan sebagai penambah, pelengkap dan pengganti pendidikan formal. Sebagaimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan nonformal kelompok belajar dalam mengatasi kesulitan belajar anak-anak di Desa Pagar Ayu Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian studi kasus. Adapun pendekatan penelitian yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah ketua karang taruna, tutor di pendidikan nonformal kelompok belajar, anak yang belajar di pendidikan nonformal kelompok belajar, Kepala Desa Pagar Ayu dan orang tua anak yang belajar di pendidikan nonformal kelompok belajar. Selanjutnya metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi. Dan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, bentuk kesulitan belajar anak di Desa Pagar Ayu yaitu kesulitan belajar akademik yaitu kesulitan dalam membaca, menulis dan berhitung serta kesulitan belajar non-akademik yaitu kesulitan dalam memahami materi pelajaran di sekolah. Kedua, peran pendidikan nonformal kelompok belajar dalam mengatasi kesulitan belajar anak-anak di Desa Pagar Ayu adalah sebagai penambah dan pengganti, karena di pendidikan nonformal kelompok belajar kegiatannya adalah menjelaskan kembali materi-materi pelajaran yang kurang atau belum dipahami dan mengajarkan calistung kepada anak-anak usia PAUD dan TK. Ketiga, faktor pendukung berjalannya kegiatan di kelompok belajar yaitu adanya izin dari pemerintah setempat dan masyarakat atau orang tua anak-anak serta adanya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah setempat sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan SDM atau tutor yang mengajar di kelompok belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Jul 2021 02:23
Last Modified: 29 Jul 2021 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9368

Actions (login required)

View Item View Item