SELIANA, SERLIANA (2019) “PENGARUH PENGGUNAAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTESIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA pada MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I MI AL AMALUL KHOIR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
halaman awal.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (687kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode struktur analitik sintesik (SAS) terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa menguasai mata pelajaran bahasa Indonesia salah satunya dengan cara membaca. Penggunaan metode struktur analitik sintesik (SAS) diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui penggunaan metode struktur analitik sintesik (SAS) terhadap keterampilan membaca siswa kelas I pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Al Amalul Khoir Palembang . (2) Untuk mengetahui metode SAS pada kelas eksperimen . (3) Untuk mengetahui keterampilan membaca pada kelas kontrol . (4) Untuk mengetahui adakah pengaruh metode SAS terhadap keterampilan membaca siswa kelas I MI Al amalul Khoir Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen True Eksperimental Design dengan n antara skor tes sebelum dan sesudah diterapkannya metode struktur analitik sintesik jenis Posttest Only Control Design. Adapun yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas I yang berjumlah 48 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan TSR, dan rumus statistik uji “t”. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diambil kesimpula (SAS) terdapat pengaruh, hal ini terlihat dari t0 2,06<,6,26 > 2,81 pada taraf signifikan 5% ini berarti pengaruh metode SAS itu telah berhasil meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I di MI Al Amalul Khoir Palembang. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes mereka meningkat atau lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang tidak diterapkan metode SAS . Sehingga pembelajaran dengan menggunakan metode struktur analitik sintesik (SAS) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 02:25 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 02:25 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9392 |
Actions (login required)
View Item |