PENGARUH METODE GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI EKOSISTEM DI SMP NEGERI 3 SUNGAI ROTAN KECAMATAN SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM

YUYUN, LESTARI (2019) PENGARUH METODE GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI EKOSISTEM DI SMP NEGERI 3 SUNGAI ROTAN KECAMATAN SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode guided note taking (GNT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi ekosistem di smp negeri 3 sungai rotan kecamatan sungai rotan kabupaten muara enim. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 3 sungai rotan dari tanggal 14 mei sampai 18 mai 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment Design. populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas vii di smp negeri 3 sungai rotan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 79 siswa. sebagai sampel pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. teknik pengumpulan data dengan menggunakan obsevasi awal, tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Guided Note Taking lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji hipotesis dengan (uji-t) menunjukkan sebesar 2,742>2,000, artinya thitung lebih besar dari ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis peningkatan rata-rata ketuntasan indikator hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai 66,67% sedangkan indikator kemampuan hasil belajar siswa di kelas kontrol 50% artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Guided Note Taking (GNT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem di smp negeri 3 Sungai Rotan kabupaten Muara Enim

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Aug 2021 01:29
Last Modified: 03 Aug 2021 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9453

Actions (login required)

View Item View Item