PERAN KEGIATAN RUMAH TAHFIDZ QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SISWA DI SMP ISLAM AL-ALIFAH PALEMBANG

HABIBILAL, NURIKA (2020) PERAN KEGIATAN RUMAH TAHFIDZ QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SISWA DI SMP ISLAM AL-ALIFAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Kajiannya dilatarbelakangi masih banyak siswa yang sering terlambat dan tidak fokus dalam mengikuti pelajaran di kelas, kurangnya waktu dalam melaksanakan kegiatan sosial keagamaan, siswa masih ada yang tidak mencontoh berpakaian yang baik (laki-laki), siswa masih ada yang gugup dalam melaksanakan program sosial keagamaan seperti muhadarah, ceramah dan lain-lain, lemahnya sikap sosial siswa dalam berinteraksi di lingkungan sekitarnya. Permasalahan penelitian ini: Bagaimana kegiatan rumah tahfidz qur’an di SMP Islam Al-Alifah Palembang? Bagaimana kualitas hafalan siswa di SMP Islam Al-Alifah Palembang? Bagaimana peran kegiatan rumah tahfidz qur’an di SMP Islam Al-Alifah Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan rumah tahfidz qur’an, untuk mengetahui kualitas hafalan siswa di SMP Islam Alifah Palembang, untuk mengetahui peran kegiatan rumah tahfidz qur’an di SMP Islam Alifah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif yakni dilakukan dengan cara menjelaskan, menggambarkan dan menguraikan pokok permasalahan yang hendak dibahas. Teknik pengumpulan data menggunakan Riset Deskriptif atau Analisis Deskriptif yang merupakan penelitian non-hipotesis sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Sumber data penelitian ini adalah data primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber yang ada seperti lewat dari orang lain, atau lewat dokumen, peraturan-peraturan yang tertulis, arsip-arsip yang ada hubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan yakni Pertama, kegiatan rumah tahfidz qur’an memiliki beberapa tahapan yakni tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan evaluasi. Kedua, kualitas hafalan siswa sudah sangat baik dan mengalami kemajuan terutama pada kelas VIII, mereka semua selalu bersemangat dalam menghafalkan Al-Qur’an serta murajaah setiap hari. Ketiga, peran kegiatan rumah tahfidz qur’an sudah lumayan aktif sekali terutama pada koordinator nya. Penanggung jawab nya juga baik dalam memerankan kegiatan rumah tahfidz. Semua pembina beserta jajaran para ustadz/ustadzah selalu memback up apabila diantara mereka ada yang berhalangan hadir dan juga mereka semua selalu bersikap profesional dalam memerankannya baik sebagai guru maupun sebagai pembina. Kata Kunci: Tahfidz Qur’an, Kualitas Hafalan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tahfidz Qur’an Kualitas Hafalan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:46
Last Modified: 17 Sep 2021 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10805

Actions (login required)

View Item View Item