Pengaruh Model Pembelajaran KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

SUSANTI, ITA (2015) Pengaruh Model Pembelajaran KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
lengkap.docx

Download (35MB)

Abstract

Model pembelajaran Number Head Together (NHT) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dalam satu kelompok untuk saling memberi dan menerima antara satu dengan yang lainnya, dimana guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa dan setiap siswa dalam kelompok diberikan nomor. Kemudian masing-masing kelompok diberikan LKS untuk diselesaikan secara berdiskusi dengan anggota kelompoknya. Selanjutnya guru memanggil salah satu nomor dari setiap kelompok bergantian secara acak, bagi siswa yang nomornya dipanggil harus mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan bagi siswa di kelompok lain memberikan tanggapan dari jawaban temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Number Head Together (NHT) sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat, sampel penelitian ini adalah kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Analisis data tes menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Number Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Palembang. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 79,87 lebih besar dari kelas kontrol 72,5 dimana thitung = 2,476>ttabel = 2,002 dengan = 5%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Number Head Together (NHT), Hasil Belajar Matematika Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 08:07
Last Modified: 17 Sep 2021 08:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11095

Actions (login required)

View Item View Item