STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAMA 2 RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) DALAM MENINGKATKAN MINAT DENGAR REMAJA DI PALEMBANG

MENTARI HASANAH, GIANG (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAMA 2 RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) DALAM MENINGKATKAN MINAT DENGAR REMAJA DI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dimana menggambarkan tentang tingkat tinggi rendahnya minat remaja terhadap siaran radio Pro 2 RRI Palembang setelah munculnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Maka judul skripsi ini adalah Strategi Komunikasi Radio Republik Indoensia (RRI) Pada Pro 2 dalam Meningkatkan Minat Dengar Remaja di Palembang. Dengan tiga pokok rumusan masalah yakni, bagaimana srategi komunikasi RRI pada Pro 2 dalam meningkatkan minat dengar remaja di Palembang, apasaja kendala dan peluangnya, serta apakah strategi yang dilakukan tersebut sudah tepat sasaran atau belum. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan RRI pada Pro 2 dalam menigkatkan minat dengar remaja serta kendala peluangnya dan sudah tepat sasaran remaja atau belum. Jenis penelitiannya ialah kualitatif deskriptif, dengan metode penelitian yakni metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh bersumber dari data primer dan sekunder yaitu dari pihak RRI dan kalangan remaja, dari beberapa metode tersebut lalu dianalisa dengan tenik analisa deskriptif, yaitu dengan cara menguraikan data hasil penelitian, kemudian ditarik kesimpulan secara deduktif untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan RRI yaitu dengan teori SMCR dan SOR. Dan untuk mengetahui kendala dan peluangnya yaitu melalui analisis SWOT. Hasil dari penelitian skripsi ini adalah strategi komunikasi yang dilakukan Pro 2 RRI Palembang yaitu dengan melakukan siaran off air dan on air di berbagai tempat destinasi wisata, serta di sekolah dan kampus, dan juga dalam pengemasan program acara yang menarik bahkan strategi dalam penyampaian siaran oleh penyiar juga sangat mendukung dalam meningkatkan minat dengar remaja kepada siaran Pro 2 RRI Palembang. RRI tidak mengalami kendala akibat kemajuan di bidang tekonologi komunikasi dan informasi, justru hal tersebut menjadi peluang bagi RRI untuk memperluas jangkauan siaran dengan melalui siaran streaming di media sosial. Karena hal itu dapat memudahkan masyarakat khusunya remaja untuk mendengarkan siarang Pro 2 RRI Palembang dimanapun dan kapanpun. Maka dari hasil tersebut dapat dikatakn bahwa strategi yang dilakukan RRI sudah tepat sasaran remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:51
Last Modified: 20 Sep 2021 06:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11171

Actions (login required)

View Item View Item