PENGARUH RUTINITAS MEMBACA AL-QUR’AN SEBELUM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALEMBAN

AKBAR, DONI (2018) PENGARUH RUTINITAS MEMBACA AL-QUR’AN SEBELUM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALEMBAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang dijadikan sebagai pedoman hidup umat Islam di dunia yang diturunkan kepada Rasulullah SAW untuk seluruh umat manusia. Membaca al-Qur’an sekalipun kita belum memahami maknanya mempunyai banyak manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan fisik maupun psikis. Membaca al-Qur’an berulang-ulang bukan sekedar meningkatkan kerja otak saja, tetapi dapat menetramkan hati dan jiwa sehingga membuat pembacanya menjadi tenang. Dalam belajar pastilah seorang siswa membutuhkan ketenangan itu, baik ketenangan hati dan pikiran. Prestasi belajar banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam diri individu (intern) maupun dari luar indvidu (ekstern). Faktor yang datang dari dalam umumnya memiliki pengaruh yang besar dan signifikan terhadap hasil belajar yang dicapai. Sebagaimana pernyataan Nana Sudjana bahwa hasil belajar siswa di sekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan dari diri siswa dan 30% dipengaruhi oleh lingkungan. Penelitian ini dialkukan di SMP Negeri 19 Palembang yang bertujuan untuk mengetahui Bagaimana rutinitas membaca al-Qur’an sebelum belajar di SMP Negeri 19 Palembang? Bagaimana prestasi belajar pendidikan Agama Islam dikelas VIII SMP Negeri 19 Palembang? Dan ada tidaknya pengaruh rutinitas membaca al-Qur’an sebelum belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang? Untuk melakukan penelitian ini, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang ada di SMP Negeri 19 Palembang, dengan menggunakan purposive sampling dan yang menjadi sampelnya adalah kelas VIII.3 yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel rutinitas membaca al-Qur’an sebelum belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan atau prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang sangat berkaitan dengan rutinitas membaca al-Qur’an sebelum belajar. Setelah melakukan Uji Hipotesis menggunakan rumus product moment (Rxy). Dari perhitungan menggunakan rumus product moment (Rxy) tersebut diperoleh rhitung= 0,914 dengan taraf signifikan dan serta derajat kebebasan df = n - 2 = 29 - 2 = 27. Dalam tabel distribusi r maka rtabel 5%=0,367 dan rtabel.1%=0,470 Hal ini menunjukan bahwa r’hitung rtabel yakni rtabel r5% = ’ rtabel 1% atau r5%=0,367 r1%=0,470 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada korelasi atau pengaruh antara rutinitas membaca al-Qur’an sebelum belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:43
Last Modified: 20 Sep 2021 07:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11453

Actions (login required)

View Item View Item