PEBRIA LESTARI, EVA (2019) UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang upaya sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang, karena berdasarkan hasil wawancara dan data yang ada bahwa 65% siswa-siswi di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy masih melanggar aturan yang ada. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut (1) Bagaimana bentuk budaya kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang. (2) Apa saja upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang. (3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan teori Miles and Huberman yaitu : mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian tersebut sebagai berikut (1) Bentuk-bentuk budaya disiplin siswa di MI Ma’had Islamy Palembang adalah disiplin waktu, disiplin atribut berpakaian lengkap, disiplin kehadiran siswa, disiplin mengikuti kegiatan extrakulikuler, disiplin berpenampilan, disiplin membuang sampah pada tempatnya, dan disiplin mempunyai buku paket. (2) Upaya sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan adalah memberi keteladanan dan pembiasaan, melakukan pembiasaan komunikasi, melakukan pelatihan seperti pramuka sebagai salah satu cara membentuk sikap disiplin siswa, dan memberikan hadiah (reward) dan hukuman (punishment) bagi siswa yang melanggar. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MI Ma’had Islamy Palembang adalah kepala MI yang turut mengontrol kedisiplinan siswa, para guru, dan seluruh staf yang ada disekolah yang saling mendukung untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, dan siswa yang sadar akan pentingnya kedisiplinan dalam diri mereka. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kekurangan tenaga guru sebagai wakil kesiswaan , kurang sadarnya siswa terhadap pentingnya sikap disiplin, lingkungan teman bermain, dan dari keluarga yang kurang memperhatikan dan membiasakan sikap disiplin siswa ketika berada dirumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:23 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:23 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11908 |
Actions (login required)
View Item |