NASHIHIN, INDAT (2019) EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK PSIKOMOTOR UNTUK ANAK TUNANAETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB-A) PRPCN KOTA PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB I.docx Download (67kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (75kB) |
|
Text
BAB III tesis indat fix.docx Download (71kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (50kB) |
|
Text
bab V.docx Download (26kB) |
Abstract
Penulisan tesis yang berjudul : “EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK PSIKOMOTOR UNTUK ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB A) PRPCN KOTA PALEMBANG”. Hal ini di latarbelakangi oleh pentingnya strategi pembelajaran PAI aspek psikomotor bagi anak tunanetra di SLB A PRPCN Kota Palembang, yang selama ini masih menggunakan metode yang konvensional, hanya sebatas ceramah, dialog dan tanya jawab, sedangkan pembelajaran PAI aspek psikomotor ini tidak mudah untuk dimengerti oleh anak didik tunanetra, untuk itu perlu adanya strategi khusus untuk menjelaskan pembelajaran aspek psikomotor seperti pembelajaran tentang sholat dan wudhu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran PAI, bagaimana efektifitas strategi pembelajaran PAI dan faktor apa saja yang mempengaruhi efektifitas strategi pembelajaran pai aspek psikomotor untuk anak tunanetra di sekolah luar biasa (SLB A) PRPCN kota Palembang. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata bukan berbentuk angka, Dalam penelitian ini digunakan pendekatan studi kasus sebagai bagian dari penelitian kualitatif, alat pengumpul data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menarik kesimpulan bahwa strategi pembelajaran PAI di SMPLB A PRPCN adalah menggunakan strategi kooperatif, individual. strategi yang paling efektif dalam pembelajaran PAI bagi anak tunanetra di SMPLB A PRPCN adalah strategi kooperatif dimana strategi pembelajaran ini menekankan unsur gotong royong atau saling membantu satu sama lain dalam mencapai tujuan pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi efektifitas strategi pembelajaran PAI di SMPLB A PRPCN kota Palembang terdapat dua faktor yaitu pendukung dan penghambat, faktor pendukungnya ialah adanya minat siswa, motivasi dan semangat yang ada dalam diri siswa itu sendiri, adanya respon serta perhatian yang positif dari peserta didik dan terciptanya hubungan yang harmonis dan akrab antar guru dengan siswa, serta guru dengan orangtua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya ialah faktor fisiologis dan psikologis, kondisi jasmani atau fisiologis dan psikolosis siswa tunanetra di SLB-A PRPCN Kota Palembang mengalami kerusakan pada indera penglihatan siswa yang menghambat proses pembelajaran pendidikan agama Islam, Lingkungan sosial sekolah, Lingkungan Non Sosial, yang mencakup Kurangnya fasilitas dan media, adanya kejenuhan dari peserta didik penyandang tunanetra dalam menerima materi pembelajaran pendidikan agama Islam. Kontribusi penelitian ini adalah secara teoritis Penelitian ini di harapkan dapat memberikan sumber referensi untuk penelitian lebih lanjut mengenai pembelajaran PAI anak tunanetra serta dapat menambah pemahaman dan wawasan pemikiran dan memperkaya khasanah keilmuan bagi setiap guru dalam bidangnya masing-masing dan secara praktis penelitian ini di harapkan memberikan kontribusi yang berharga bagi khazanah pendidikan, khususnya terkait dengan proses pembelajaran anak tunanetra.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:28 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:28 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11964 |
Actions (login required)
View Item |