PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MADRASAH ALIYAH PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG

ZULFANDI, AHMAD (2019) PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MADRASAH ALIYAH PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
DOC-20190325-WA0000.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DOC-20190325-WA0001.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DOC-20190325-WA0002.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DOC-20190325-WA0003.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, bahwa metode belajar mempunyai peranan yang sangat penting karena guru harus mempunyai kemampuan dalam merencanakan pembelajaran yang direncanakan dengan lebih matang dan lebih terarah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode The Power Of Two, dengan cara ini dapat mempermudah pemahaman siswa dan siswa dapat saling berdiskusi, serta menjadikan siswa lebih aktif dan kreaktif dalam proses belajar mengajar. Rumusan Masalah dalam penelitian Bagaimana motivasi siswa Kelas XA (Kontrol) yang tidak menerapkan metode The Power of Two pada kelas eksperimen di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang? Bagaimana motivasi siswa Kelas Xc (Eksperimen) yang menerapkan metode The Power of Two di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang ? Apakah terdapat perbedaan penerapan metode The Power of Two terdapat peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang ? Adapun Metodologi Peneletian yang Apakah terdapat perbedaan penerapan metode The Power of Two terdapat peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang. Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki populasi tersebut. Dengan kata lain sampel adalah sebagai bagian dari populasi. Berdasarkaan observasi dilapangan, dari 5 kelas tersebut peneliti memilih dua kelas X.A dan X.C. jadi tekhnik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah tekhnik penentukan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kelas X.A dan X.C Berdasarkan hasil observsi dari 9 indikator diperoleh persentasi pada kegiatan keterampilan membuka pelajaran dengan persentasi 86,29 %, indikator yang kedua pada kegiatan keterampilan menjelaskan pelajaran dengan persentasi 85,62 %, indikator yang ketiga pada kegiatan keterampilan menutup pelajaran dengan persentasi 81,11 %, indikator yang keempat pada kegiatan keterampilan memberikan penguatan dengan persentasi 82,50 %, dan indikator yang kelima pada kegaiatan keterampilan motivasi dengan persentasi 80,62 %. Indikator yang keenam pada kegiatan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dengan persentasi 80 %, indikator yang ketujuh pada kegiatan keterampilan mengadakan variasi dengan persentasi 79,72 %, indikator yang kedelapan pada kegiatan keterampilan membimbing siswa dengan persentasi 75,34 %, dan indikator yang kesembilan pada kegiatan keterampilan bertanya dengan persentasi 75,28 % yang telah diterapkan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Adapun hasil tes diperoleh bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkan metode The Power Of Two pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam mendapatkan nilai 92,85 termasuk kategori sangat baik Kata kunci : Penerapan Metode The Power Of Two dalam meningkatkan motivasi siswa pada mta pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X di madrasah patrah mandiri plaju palembang .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
?? LB ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:29
Last Modified: 27 Sep 2021 04:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11985

Actions (login required)

View Item View Item