PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD) DI KELAS VI MI ASSEGAF PALEMBANG

APRIANTO, IMAM (2019) PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD) DI KELAS VI MI ASSEGAF PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Fungsi bahasa Indoenesia adalah suatu alat untuk menyampaikan ide atau pemikiran, perasaan baik secara lisan maupun secara tertulis. Dalam pembelajaran tentang Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) guru memegang peranan penting menjadikan anak memahaminya. Rumusan masalah penelitian ini adalah; bagaimana bentuk kesalahan penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yang terdapat pada tulisan siswa kelas VI MI Assegaf Palembang?. Bagaimana cara guru kelas menanamkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dikelas VI MI Assegaf, apa faktor penghambat dan pendukung guru kelas dalam penanaman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dikelas VI MI Assegaf?. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bentuk kesalahan penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yang terdapat pada tulisan siswa kelas VI MI Assegaf Palembang, mengetahui cara guru kelas menanamkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dikelas VI MI Assegaf, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru kelas dalam penanaman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dikelas VI MI Assegaf .Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini bahwa siswa kelas VI MI Assegaf belum memiliki kemampuan untuk memahami Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Berdasarkan hasil observasi dari pelaksanaan test menulis karangan dari tiga indikator penilaian berupa penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca dan penulisan paragraf siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Assegaf sebagian sudah mampu menuliskan huruf kapital pada karangan yang mereka tulis, dari 19 siswa yang mengikuti test 10 siswa dengan nilai persentase 52,63% sebagian mampu menentukan huruf kapital. Mengenai penggunaan tanda baca, dari 19 siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Assegaf, terdapat 11 siswa atau 57,90% sebagian sudah mampu menentukan tanda baca pada karangan yang mereka tulis, dan berkaitan dengan menentukan paragraf, tidak ditemukan lagi siswa yang tidak mampu menentukan paragraf pada karangan yang mereka tulis. Upaya yang dilakukan guru menanamkan pemahaman siswa tentang Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) guru menerapkan metode belajar yang sesuai dengan materi Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), melakukan latihan terbimbing dan memberikan penilaian serta komentar terhadap hasil kerja siswa menulis karangan. Faktor pendorong dan penghambat guru dalam menanamkan konsep Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yaitu faktor intern dan faktor ekstern.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:31
Last Modified: 27 Sep 2021 04:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12001

Actions (login required)

View Item View Item