Saraswati, Windy (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS NATURALIST INTELLIGENCE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)MATERI LARANGAN BERBUAT KERUSAKAN DI BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 CEMPAKA KAB. OKU TIMUR. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Cempaka Kabupaten OKU Timur untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam memahami materi larangan berbuat kerusakan di bumi (Q.S. Ar-Rum ayat 41-42) sebelum dan setelah dilakukan tindakan pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran berbasis naturalist intelligence dengan strategi learning through nature. Sedangkan dikelas kontrol tidak diterapkan pembelajaran berbasis naturalist intelligence. Penelitian ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa sayang terhadap alam. Siswa yang dijadikan sampel untuk kelas eksperimen ialah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cempaka yang berjumlah 26 siswa, sedangkan sampel untuk kelas kontrol ialah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Cempaka yang berjumlah 25 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan memberikan tes, dokumentasi, Observasi dan Wawancara.Teknik analisis yang digunakan adalah rumus tes “T” untuk dua sampel kecil yang satu sama lain tidak mempunyai hubungan. Namun sebelumnya terlebih dahulu mencari mean, standar deviasi, standar eror mean baik variabel x maupun variabel y.Dari penelitian ini diperoleh bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran PAI materi larangan berbuat kerusakan di bumi (Q.S. Ar-Rum: 41-42). Hal ini dapat dilihat pada analisis hasil belajar t_o lebih besar dari pada t_t yaitu : 6,01 ; sedangkan t_t = 2,01 dan 2,68 maka t_o adalah lebih besar daripada t_t, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%, sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Naturalist Intelligence, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 08:29 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/121 |
Actions (login required)
View Item |