KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG

Monika, Ety (2017) KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ETY MONIKA 13270034.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Dalam proses pembelajaran, tentu dibutuhkan metode, model ataupun media untuk mempermudah penyampaian materi dan dapat membuat suasana belajar menyenangkan. Jika kurang tepat dalam memilih metode, model ataupun media dalam pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Hal ini karena metode, model ataupun media pembelajaran merupakan cara yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga akan tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Metode, model ataupun media adalah faktor penting dalam menentukan hasil belajar siswa,. Misalnya media yang dapat diterapkan adalah media poster, media poster ini dapat mempermudah penyampaian materi karena poster ini berisi gambar sederhana dan pesan singkat yang disampaikan untuk pembaca khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh media poster terhadap keterampilan menulis karangan pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, peneliti hanya mengambil kelas VB yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, dengan teknik analisis data tersebut dalam mengklarifikasinya peneliti menggunakan rumus tinggi, sedang, rendah (TSR), kemudian untuk mencari pengaruh penerapan media poster terhadap keterampilan menulis karangan siswa dapat dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan melalui media poster pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang diketahui bahwa terdapat 32 siswa yang termasuk dalam kategori tinggi atau 80%, sedangkan 5 siswa termasuk kategori rendah atau 12,5%, dan 3 siswa termasuk kategori rendah atau 7,5%. Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media poster terhadap keterampilan menulis karangan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang yaitu ro lebih besar dari rt baik pada taraf 5% maupun pada taraf 1% atau 0,320<24,16>0,413.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:01
Last Modified: 27 Sep 2021 07:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12282

Actions (login required)

View Item View Item