KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI PASCA SERTIFIKASI (STUDI KASUS MI MIFTAHUL ULUM BANYUASIN

Yunaria Baiti, Wheni (2019) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI PASCA SERTIFIKASI (STUDI KASUS MI MIFTAHUL ULUM BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu, guru yang mengajar mata pelajaran SKI dan telah disertifikasi di MI Miftahul Ulum Banyuasin dalam proses pembelajaran tidak sesuai dengan tuntunan kurikulum 2013, kebanyakan guru dalam mengajar tidak menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai, kemudian problem pengelolaan kelas, guru sering kali mengeluh ketika mengajar dikelas, apalagi jika mayoritas siswanya tidak displin, malas belajar dan tidak patuh terhadap guru. Hal ini disebabkan karena guru belum terampil, dan media pembelajaran disekolah kurang memadai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kompetensi professional guru PAI pasca sertifikasi di MI Miftahul Ulum Banyuasin? Apa saja faktor pendukung dan penghambat kompetensi profesional guru PAI pasca sertifikasi? Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kompetensi professional guru PAI pasca sertifikasi di MI Miftahul Ulum Banyuasin, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat kompetensi profesional guru PAI pasca sertifikasi. Jenis data kualitatif yaitu data yang berbentuk kata-kata yang di dapatkan dari hasil wawancara dan observasi mengenai kompetensi profesional guru PAI Pasca Sertifikasi di MI Miftahul Ulum Banyuasin. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru yang mengampu mata pelajaran SKI yang telah disertifikasi dan siswa. Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumentasi sekolah. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, staf TU, guru SKI yang telah disertifikasi dan siswa siswi MI Miftahul Ulum Banyuasin. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan reduksi dan triagulasi data, penyajian data dan verivikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : pertama, Kompetensi profesional untuk guru SKI yang telah tersertifikasi secara umum termasuk dalam kriteria baik. Aspek kompetensi professional dengan kriteria baik sekali yaitu pada kemampuan membuka pelajaran, kemampuan bertanya dan kemampuan mengelola kelas. Aspek kompetensi profesional yang lain termasuk dalam kriteria baik, yaitu pada penguasaan materi, kejelasan dalam penyajian materi, kemampuan menutup pelajaran dan ketepatan antara waktu dan materi pelajaran. Kedua, Kompetensi profesional guru SKI yang telah di sertifikasi terdapat aspek kompetensi profesional dengan kriteria cukup yaitu pada kemampuan dalam mengadakan variasi pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran, hal ini disebabkan karena kurangnya fasilitas yang kurang memadai untuk menciptakatan sistem pembelajaran yang efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:07
Last Modified: 27 Sep 2021 07:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12364

Actions (login required)

View Item View Item