PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI MASJID AL-FATTAHSEKIP UJUNG PALEMBANG

AISYAHLANI, VINNY (2017) PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI MASJID AL-FATTAHSEKIP UJUNG PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Vinny Aisyahlani Putri 13270136.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mangajarkan Al-Qur’an kepada anak sejak kecil lebih mudah dari pada mengjarakan Al-Qur’an ketika dewasa. Pada masa ini, anak memiliki potensi yang lebih besar untuk belajar serta mengingat pelajaran. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) adalah suatu lembaga pendidikan non formal yang berupaya mendidik anakanak dari usia 7-12 tahun atau usia masuk Sekolah Dasar, sehingga mampu membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an. Rumusan Masalah dalam penelitian ini. Bagaimana peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Penyelenggaraan pendidikan Al-Qur’an Masjid Al-Fattah Sekip Ujung Palembang? Skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menekankan pada peran dslsm pendidikan Al-Qur’an Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 6 guru yaitu terdiri dari 1 laki-laki, 5 perempuan dan 31 santri yang terdiri dari 17 laki-laki, 14 perempuan. Untuk memperoleh data penulis mengunakan data observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Observasi yaitu untuk mengamati aktivitas pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), wawancara dengan wali santri yaitu untuk mengetahui sudah tercapai kan tujuan suatu pengajran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan Tes untuk lebih membuktikan dari hasil wawancara yang dilakukan dengan wali santri. Dari analisi tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: dari 6 pokok tujuan penagajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) sudah bisa dikatakan berperan baik dalam pendidikan Al-Qur’an seperti halnya Wirutomo mengemukakan pendapat David Berry perana itu didefinisikan sebagai seperangkat harapan yang dikenankan kepada individu yang menempati kedudukan sosial tertentu. Dari pendapat David Berry ini jelas bahwa setelah dilakukannya penelitian Taman Pendidiakn Al-Qur’an (TPA) Masjid Al-Fattah ini sudah mencapai harapan-harapan yang diinginkan sesuai dengan tujuan pengajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:11
Last Modified: 28 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13129

Actions (login required)

View Item View Item