UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS IV MI AL-HIDAYAHBETUNG KABUPATEN BANYUASIN

LISMAHAYATI, LISMAHAYATI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS IV MI AL-HIDAYAHBETUNG KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I LISMA.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II lisma.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB III lisma.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV lisma oke.docx

Download (141kB)
[img] Text
BAB V lismahayati.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan hasil belajar siswa Melalui Model Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di Kelas IV MI Alhidayah Betung Banyuasin.      Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fild research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV MI Alhidayah Betung Banyuasin.     Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA tentang penggolongan hewan berdasarkan makanannya di kelas IV MI Alhidayah Betung Banyuasin.      Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi.      Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan ketuntasan belajar hanya 9 orang siswa (42,86%), dengan nilai rata-rata 62,86. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat skor nilai ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 14 orang siswa (66,67%), dengan nilai rata-rata 75,24. Dan pada hasil penelitian pada siklus II dengan melihat skor nilai ketuntasan belajar meningkat mencapai semua siswa yaitu 21 orang siswa (100%), dengan nilai rata-rata 93,81. Maka setelah melihat perkembangan hasil belajar dan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya melalui diterapkannya model pembelajaran card sort terdapat peningkatan yang sangat signifikan pada prasiklus, siklus I, dan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:40
Last Modified: 28 Sep 2021 04:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13774

Actions (login required)

View Item View Item