Penggunaan Metode Praktek Melalui Media Gambar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 3 Palembang

SUPARMAN, SUPARMAN (2013) Penggunaan Metode Praktek Melalui Media Gambar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 3 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I SUPARMAN.doc

Download (198kB)
[img] Text
BAB II PARMAN.doc

Download (115kB)
[img] Text
BAB III SUPARMAN (2).doc

Download (451kB)
[img] Text
BAB III SUPARMAN.doc

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV-V PARMAN.doc

Download (357kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Penggunaan Metode Praktek Melalui Media Gambar Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Palembang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena-fenomena dalam proses pembelajaran PAI yang kurang aktif sehingga hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai kriteria ketentuan minimal yang sudah ditetapkan, rendahnya hasil belajar siswa itu disebabkan masih banyaknya siswa yang kurang respon terhadap materi yang diajarkan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sehingga guru melakukan inovasi penerapan metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran praktek dan menggunakan media kartun. Penerapan metode dan media ini ternyata mampu menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih memahami materi pelajaran yang diajarkan, hasil belajar siswa meningkat lebih baik dari sebelumnya. Fokus permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum penerapan metode praktek dan media kartun pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa sesudah penggunaan metode praktek dan media kartun pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palembang? dan bagaimana perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode praktek dan media kartun pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palembang? Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dan perbedaannya penerapan metode praktek dan media kartun pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Palembang. Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif yaitu menguraikan data-data yang dapat dihitung dengan angka-angka dengan menggunakan rumus komparasi uji tes “t”. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa sebelum menggunakan Metode praktek dan media kartun masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan siswa kategori tinggi (T) yang mencapai skor tinggi 70 ke atas tidak ada, siswa kategori sedang yang mencapai 54 keatas sebanyak 50 orang (100%) dan kategori rendah 54 ke bawah tidak ada. Hasil belajar siswa sesudah menggunakan Metode praktek dan media kartun dapat dikatakan sedang. Hal ini dibuktikan dengan siswa kategori tinggi 77 ke atas tidak ada, siswa kategori sedang yang mencapai skor 63 ke atas sebanyak 50 orang (100%0 dan siswa kategori rendah yang mencapai skor 63 ke bawah tidak ada. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode praktek dan media kartun terhadap hasil belajar siswa dengan to tidak jauh lebih besar daripada tt yaitu : 2,01 < 57,143 > 2,68. Metode praktek dan media kartun dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Palembang dengan kategori sedang (100%).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:33
Last Modified: 28 Sep 2021 06:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13854

Actions (login required)

View Item View Item