PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI MTS AL-IKHLAS PEMETUNG BASUKI KECAMATAN BUAY PEMUKA PELIUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

NAFI’AH, ISTIANATUN (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI MTS AL-IKHLAS PEMETUNG BASUKI KECAMATAN BUAY PEMUKA PELIUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
09. BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
10. BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
11. BAB III.docx

Download (35kB)
[img] Text
12. BAB IV.docx

Download (34kB)
[img] Text
13. BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Sebelum dan Sesudah Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining Di MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Permasalahn dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode student facilitator and explaining pada mata pelajaran fiqh di MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur berbeda secara signifikan. Tujuan penelitian metode student facilitator and explaining untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di kelas VIII MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII.1 MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Lokasi penelitian di MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kecamtaqn Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Sebelum peneliti menerapkan metode student facilitator and explaining, hasil belajar siswa masih rendah 27,58% atau 8 orang siswa dari 29 siswa yang bernilai baik/tuntas. Hasil belajar siswa dikategorikan baik dalam pembelajaran fiqh sesudah penerapan metode student facilitator and explaining, dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang tergolong tinggi 75,86% atau 22 orang siswa dari 29 siswa yang bernilai baik/tuntas. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh sebelum dan sesudah penerapan metode student facilitator and explaining di MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:31
Last Modified: 29 Sep 2021 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

View Item View Item