MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI KANDUNGAN SURAT AL-QURAISY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIII B MTS NURUL HUDA BITIS GELUMBANG

Muslim, Muslim (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI KANDUNGAN SURAT AL-QURAISY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIII B MTS NURUL HUDA BITIS GELUMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I MUSLIM.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II MUSLIM WISUDA.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III MUSLIM WISD.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV MUSLIM.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ADI.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di Kelas idealnya menciptakan suasana kelas yang hidup, menyenangkan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dengan model model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami isi kandungan surat Al-Quraisy. hal ini karena setiap siswa memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi yang substansial kepada kelompoknya, dan posisi anggota kelompok adalah setara, menggalakkan interaksi secara aktif dan positif dan kerjasama anggota kelompok menjadi lebih baik, membantu siswa untuk memperoleh hubungan pertemanan, melatih siswa dalam mengembangkanaspek kecakapan social, siswa memiliki dua bentuk tanggung jawab belajarsiswa saling membelajarkan sesama siswa lainnya, pengelompokan siswa secara heterogen membuat kompetisi yang terjadi di kelas menjadi lebih hidup dan mengurangi sifat individualistis siswa. Dari hasil pengamatan ditemukan beberapa masalah yaitu, kurang tepatnya metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran dimana guru hanya menggunakan metode ceramah, rendahnya perhatian anak pada pembelajaran Al-qura’an Hadist, dan rendahnya motivasi belajar siswa. Dengan masalah-masalah ini tingkat pemahaman belajar siswa menjadi rendah. Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan memahami isi kandungan surah Al-Quraisy di kelas VIII B MTs Nurul Huda Bitis Gelumbang. Dari masalah ini maka tujuanya adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan memahami isi kandungan surah Al-Quraisy di kelas VIII B MTs Nurul Huda Bitis Gelumbang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (actions research), dan penulis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang berusaha mengungkapkan gejala-gejala yang terjadi di lapangan melalui pengumpulan data. Dari hasil tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, didapat hasil yaitu Peningkatan Nilai Berdasarkan KKM. Kemudian dilihat dari ketuntasan belajar dapat dikemukakan bahwa pada pratindakan ketuntasan belajar hanya 11.5%, kemudian di siklus 1 naik drastis menjadi 57.6%, kemudian di siklus 2 naik dengan signifikan menjadi 100%. Peningkatan Nilai Rata-Rata. Dilihat dari nilai rata-rata, pada pratindakan nilai tes rata-rata siswa hanya mencapai 62.6. di pratindakan, kemudian naik menjadi 72.6 di siklus 1, naik lagi menjadi 79.4 di siklus 2 Maka dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi kandungan surat Al-Quraisy pada pelajaran Al�Qur’an Hadist di kelas VIII.B MTs Nurul Huda Bitis. Pemilihan strategi atau model pembelajaran menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena ini adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan metode secara akurat. Dengan pemilihan strategi atau model pembelajaran yang tepat tentu akan berdampak pada suasana kelas yang lebih hidup menyenangkan dan membawa kelas kedalam lingkungan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dari hasil pengamatan ditemukan beberapa masalah yaitu, kurang tepatnya metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran dimana guru hanya menggunakan metode ceramah, rendahnya perhatian anak pada pembelajaran Al-qura’an Hadist, dan rendahnya motivasi belajar siswa. Dengan masalah-masalah ini tingkat pemahaman belajar siswa menjadi rendah. Peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami isi kandungan surat al-quraisy hal ini disebabkan oleh setiap siswa memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi yang substansial kepada kelompoknya, dan posisi anggota kelompok adalah setara, menggalakkan interaksi secara aktif dan positif dan kerjasama anggota kelompok menjadi lebih baik, membantu siswa untuk memperoleh hubungan pertemanan, melatih siswa dalam mengembangkanaspek kecakapan social, siswa memiliki dua bentuk tanggung jawab belajarsiswa saling membelajarkan sesama siswa lainnya, pengelompokan siswa secara heterogen membuat kompetisi yang terjadi di kelas menjadi lebih hidup dan mengurangi sifat individualistis siswa. Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan memahami isi kandungan surah Al-Quraisy di kelas VIII B MTs Nurul Huda Bitis Gelumbang. Dari masalah ini maka tujuanya adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan memahami isi kandungan surah Al-Quraisy di kelas VIII B MTs Nurul Huda Bitis Gelumbang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (actions research), dan penulis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang berusaha mengungkapkan gejala-gejala yang terjadi di lapangan melalui pengumpulan data. Dari hasil tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, didapat hasil yaitu Peningkatan Nilai Berdasarkan KKM. Kemudian dilihat dari ketuntasan belajar dapat dikemukakan bahwa pada pratindakan ketuntasan belajar hanya 11.5%, kemudian di siklus 1 naik drastis menjadi 57.6%, kemudian di siklus 2 naik dengan signifikan menjadi 100%. Peningkatan Nilai Rata-Rata. Dilihat dari nilai rata-rata, pada pratindakan nilai tes rata-rata siswa hanya mencapai 62.6. di pratindakan, kemudian naik menjadi 72.6 di siklus 1, naik lagi menjadi 79.4 di siklus 2 Maka dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi kandungan surat Al-Quraisy pada pelajaran Al�Qur’an Hadist di kelas VIII.B MTs Nurul Huda Bitis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:39
Last Modified: 28 Sep 2021 06:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13923

Actions (login required)

View Item View Item