ERANAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD N KECAMATA BELITAG III OGAN KOMERING ULU TIMUR (OKUT)

NUR’AINI, NUR’AINI (2014) ERANAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD N KECAMATA BELITAG III OGAN KOMERING ULU TIMUR (OKUT). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi Nur'aini.docx

Download (906kB)

Abstract

Peningkatan kinerja mengajar guru dapat dilakukan melalui peningkatan peranan kepala sekolah. Oleh karena itu masalah pokok dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh peranan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran peran kepala sekolah terhadap kinerja guru. Kepala sekolah merupakan faktor yang terpenting dalam proses pencapaian keberhasilan sekolah untuk mencapai tujuan. Dengan demikian kepala sekolah sangat diharapkan peranannya untuk mengendalikan agar pendidikan berjalan sesuai harapan semua pihak. Dalam menjalankan kepemimpinanya tentu saja kepala sekolah juga tidak luput dari peran serta kinerja guru, karena guru merupakan ujung tombak pelaksanaan pendidikan. Hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara peranan kepala sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam.     Tujuna penlitian ini salah satunya untuk mengetahui bagaimana hubungan antara variabel peranan kepala sekolah terhadap kinerja guru PAI. Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu korelasional dengan pendekatan kuantitatif, data yang di jadikan adalah data primer dan skunder. Data primer berupa data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpul data yang terdiri dari kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Sedangkan data sekunder merupakan data penunjang berupa dokumen-dokumen seperti absensi guru, rencana pembelajaran, prestasi guru serta data-data yang lainya. Sasaran penelitian yaitu 24 kepala sekolah dan 24 guru Pendidikan Agama Islam yang ada di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Belitang III. Teknik pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, determinasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah kemudian ditafsirkan, dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian.     Hasil penelitian ini adalah: pertama, peranan kepala sekolah berada dalam kategori sedang yaitu dengan kategori baik berjumlah 5 orang dengan presentase 20,83%, kategori sedang berjumlah 15 orang dengan presentase 62,5% dan yang termasuk kategori rendah berjumlah 4 orang dengan persentase 16,6%. Kedua; kinerja guru Pendidikan Agam Islam berada pada kategori sedang yaitu kategori baik berjumlah 6 orang dengan presentase 25%, kategori sedang berjumlah 15 orang dengan presentase 62,5% dan kategori rendah berjumlah 3 orang dengan presentase 12,5%. Ketiga; ada hubungan positif yang signifikan antara peranan kepala sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam dengan hasil rxy lebih besar dari “r” tabel baik pada signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% atau 0,404 <0,658 > 0,515. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara peranan kepala sekolah Terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Belitang III. Sedangkan variabel yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain setelah diketahui determinasinya yaitu 56,71%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:40
Last Modified: 28 Sep 2021 06:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13934

Actions (login required)

View Item View Item