PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII DI MTs ‘AISYIYAH PALEMBANG

HANDAYANI, TUTI (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII DI MTs ‘AISYIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab 1-bab5 skripsi.docx

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini adalah mengenai “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII di MTs ‘Aisyiyah Palembang”. Berdasarkan hasil pengamatan awal atas hasil nilai belajar yang diperoleh dari guru biologi bahwa hanya terdapat 40% siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal yakni 70. Hal ini merupakan masalah dan perlu penanganan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat agar permasalahan tersebut dapat dipecahkan. Dalam proses belajar diharapakan adanya komunikasi banyak arah agar terjadi aktivitas dan kreatifitas yang diharapkan. Dengan memperhatikan hal tersebut maka dicoba untuk menggali penggunaan salah satu model pembelajaran kooperatif mencari pasangan. Melalui model pembelajaran kooperatif ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober sampai 1 November 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan. Pengambilan sampel penelitian ini berjumlah 80 orang pada kelas VIIIA dan Kelas VIIIB sebagai subjeknya dari MTs ‘Aisyiyah Palembang. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrument tes hasil belajar (24 item). Analisis data menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung sebesar 3,98 pada taraf 5% dan diperoleh ttabel sebesar 1,99, maka thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pelajaran biologi di MTs ‘Aisyiyah Palembang. Kata kunci: mencari pasangan dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:40
Last Modified: 28 Sep 2021 06:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13939

Actions (login required)

View Item View Item