PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI DI MA AL-FATAH PALEMBANG

SARI, MEILANDA (2014) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI DI MA AL-FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab 1.docx

Download (52kB)
[img] Text
bab II.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan : apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone Is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rasul-rasul Allah SWT di kelas V semeseter genap SD Negeri 5 Awal Terusan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dari masalah ini maka tujuanya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi rasul-rasul Allah SWT di kelas V semester genap SD Negeri 5 Awal Terusan Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone Is a teacher here. Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Awal Terusan Kabupaten Ogan Komering Ilir yang berjumlah 29 orang siswa, dengan pertimbangan kelas V adalah kelas yang penulis hadapi dan masalah yang ditemui adalah dikelas yang penulis hadapi itu sendiri, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 3 siklus, dimana setiap siklus di lakukan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi belajar Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 5 Awal Terusan pada mata pelajaran PAI, hal ini dapat di lihat dari : Prasiklus. Sebelum diterapkannya strategi Everyone Is A Teacher Here total nilai siswa pada pratindakan skor total hanya mencapai 1770, kemudian jumlah siswa yang tuntas pada prasiklus yang hanya 9 orang (31%), kemudian nilai ratarata siswa hanya mencapai 61. Siklus I . Peningkatan total nilai pada siklus I ini adalah naik menjadi 2005, kemudian peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus I yaitu 20 siswa (68.9%), lalu peningkatan nilai rata-rata, dimana pada siklus I ini nilai rata-rata siswa sudah mencapai 69.13. Siklus II. Peningkatan total nilai pada siklus II naik menjadi 2310, kemudian peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus II yaitu 28 siswa (96.5%), lalu peningkatan nilai rata-rata, dimana pada siklus II ini nilai rata-rata siswa sudah mencapai 79.65. Siklus III. Peningkatan total nilai pada siklus II naik menjadi 2445, kemudian peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus II yaitu 29 siswa (100%), lalu peningkatan nilai rata-rata, dimana pada siklus II ini nilai rata-rata siswa sudah mencapai 84.4.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:04
Last Modified: 30 Sep 2021 04:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14325

Actions (login required)

View Item View Item