PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTs MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

HASANAH, PUPUT META (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTs MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa dikelas VIII MTs Muhammadiyah 2 palembang. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen ( Posstest –Only Control Design ). populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di MTs Muhammadiyah 2 tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 56 siswa. Dari dua kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu kelas VIII.a dengan jumlah 29 siswa sebagai kontrol dan kelas VIII.b berjumlah 27 siswa sebagai kelas ekpriment. Dengan penentuan sampel teknik random. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai kedua kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan pendekatan pembelejaran Reciprocal Teaching dan kelas kontrol dengan metode ekspositori pada materi bangun ruang sisi datar subpokok bahasan volume kubus dan balok. Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar mereka setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan pendekatan Reciprocal Teaching didapat maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Reciprokal Teaching dikelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palembang. Kata –kata kunci : pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching, hasil belajar siswa, volume kubus dan balo

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:05
Last Modified: 30 Sep 2021 04:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14345

Actions (login required)

View Item View Item