PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI SMA BHAKTI SUCI JAYA TANJUNG BATU

KADIR, ABDUL (2019) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI SMA BHAKTI SUCI JAYA TANJUNG BATU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
01 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 BAB IV.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV) dengan menggunakan LMS Moodle untuk kelas X SMA yang memenuhi kriteria valid dan praktis serta memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penelitian bahan ajar SPLTV dengan menggunakan LMS Moodle terdiri dari 10 tahap yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk akhir dan produksi massal. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA yang berjumlah 30 siswa, 10 siswa untuk kelompok kecil dan 20 siswa kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket kepraktisan, dan tes. Berdasarkan hasil validasi dari 4 validator diperoleh skor rata-rata untuk bahan ajar sebesar 79.37%, RPP sebesar 77.49%, lembar angket kepraktisan sebesar 77.21%, sehingga instrument tergolong kategori valid. Berdasarkan angket kepraktisan pada tahap uji coba pada kelompok kecil diperoleh rata-rata 79.02% dan kelompok besar diperoleh rata-rata 83.02% yang tergolong kategori praktis dan berdasarkan tes pada tahap uji coba pada kelompok kecil diperoleh rata-rata skor 6.6 dan kelompok besar diperoleh rata-rata skor sebesar 7.0 yang berarti bahan ajar dengan menggunakan LMS Moodle memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Sehingga bahan ajar bahan ajar SPLTV dengan menggunakan LMS Moodle yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kelas X tingkat SMA. Kata Kunci : Bahan ajar, LMS Moodle, valid, praktis, efek potensial, SPLTV, dan R&D

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:31
Last Modified: 30 Sep 2021 07:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14448

Actions (login required)

View Item View Item