PENGARUH PENERAPAN STRATEGI READING A LOAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PUISI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 104 PALEMBANG

YULIANDINI, AULIA (2021) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI READING A LOAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PUISI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 104 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
a) BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e) BAB V.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada materi membaca puisi dikelas IV SDN 104 Palembang masih kurang begitu disenangi, hal ini dilatar belakangi peserta didik kurang termotivasi dan kurangnya rasa percaya diri pada saat membaca puisi. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan unuk memperbaiki kondisi tersebut dengan melakukan penelitian menggunakan strategi reading a loud (membaca nyaring) dalam pembelajaran membaca puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan pembelajaran puisi melaui strategi reading a loud pada materi isi puisi (2) Apakah ada pengaruh penerapan strategi reading a loud (membaca nyaring) terhadap keterampilan memahami puisi bagi peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode eksperimen sederhana (Posttest Only Control Group Design) dengan menggunakan metode konvensional di kelas kontrol dan reading a loud di kelas eksperimen. Berdasarkan dari hasil analisis peneliti terhadap data penelitian dua variable bahwa ada pengaruh yang signifikan antara strategi reading a loud terhadap pemahaman puisi di kelas IV SD Negeri 104 Palembang. Hal ini berdasarkan hasil data perhitungan statistik dengan uji t bahwa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: puisi strategi reading a loud SD Negeri 104 Palembang
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:34
Last Modified: 11 Oct 2021 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/15254

Actions (login required)

View Item View Item