ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL

Angraini, Kiki (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IX SMP PTI Palembang dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP PTI Palembang yang berjumlah 12 siswa. Data penelitian diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu Reading Error (Kesalahan Membaca), saat siswa tidak dapat membaca soal dengan benar, serta saat siswa tidak bisa membaca simbol atau notasi matematika dengan benar; Comprehension Error (Kesalahan Memahami), saat siswa tidak dapat menyebutkan apa yang diketahui dan apa yang dinyatakan oleh soal; Transformation Error (Kesalahan Transfromasi), saat siswa tidak dapat menuliskan atau menyebutkan rumus atau perhitungan yang sesuai dengan permintaan soal; Process Skills Error (Kesalahan Keterampilan Proses), saat siswa tidak dapat melakukan operasi hitung atau langkah-langkah perhitungan dengan tepat; dan Encoding Error (Kesalahan Menuliskan Jawaban), saat siswa salah atau tidak dapat menuliskan kesimpulan sebagai jawaban akhir dari soal. Kata Kunci : Kesalahan Siswa, Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Spasial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa Bangun Ruang Sisi Datar Kemampuan Spasial
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:11
Last Modified: 11 Oct 2021 04:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16385

Actions (login required)

View Item View Item