PERBANDINGAN METODE PETA KONSEP DAN BAGAN DIKOTOMI KONSEP (BDK) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA

RUQOYYAH, RUQOYYAH (2021) PERBANDINGAN METODE PETA KONSEP DAN BAGAN DIKOTOMI KONSEP (BDK) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI RUQOYYAH.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI RUQOYYAH.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil belajar yang berbeda dalam kondisi berbeda berdasarkan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang efektif antara peta konsep dan Bagan Dikotomi Konsep (BDK) materi keanekaragaman hayati terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi C1-C6. Metodologi yang digunakan yakni Quasi eksperimental design dengan menggunakan rancangan “The Group PretestPosttest Design”. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, test dan dokumentasi. Analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS Versi 22. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan Peta Konsep dan Bagan Dikotomi Konsep (BDK) dengan rata-rata Peta Konsep 71,07 dan BDK 94,28. Dimana pada semua kategori menunjukkan kenaikan yang signifikan setelah perlakuan. Pada penelitian ini dikatakan bahwa nilai Sig. (2 tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Peta Konsep dan Bagan Dikotomi Konsep (BDK) pada materi keanekaragaman hayati dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar terutama penguasaan konsep peserta didik. Kata Kunci: Metode Peta Konsep, BDK, hasil belajar, Taksonomi Bloom revisi, Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Peta Konsep BDK hasil belajar Taksonomi Bloom revisi Keanekaragaman Hayati
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:05
Last Modified: 18 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17102

Actions (login required)

View Item View Item