PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG

Setiawati, Nanda Ayu (2021) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2. halaman persetujuan dan bab 1 (1).pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V dan dapus-dikonversi.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Judul dari penelitian ini ialah “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling di MTs Aulia Cendekia Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini ialah pelaksanaan layanan bimbingan konseling kurang maksimal misalnya layanan informasi, layanan bimbingan belajar, dan layanan konseling perorangan. Guru bimbingan konseling mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya karena sering terjadi kurangnya koordinasi antarguru dan kurangnya tenaga kerja bagian bimbingan dan konseling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informasi dalam penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, dan Guru Bimbingan Konseling. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (verification). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan layanan bimbingan konseling di MTs Aulia Cendekia Palembang sebagai berikut: Planning yaitu sebelum melaksanakan layanan bimbingan konseling diperlukannya sebuah perencanaan dari sebuah layanan bimbingan konseling, Coordinating yaitu perlu adanya juga koordinasi bagi guru mata pelajaran, wali kelas, dan guru bimbingan konseling untuk melaksanakan layanan bimbingan konseling, Motivation yaitu diperlukannya motivasi dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar, Pengarahan yaitu diperlukannya pengarahan dari kepala sekolah dan wakil kesiswaan guna untuk mencapai program dari layanan bimbingan konseling. Adapun faktor pendukung dan penghambat sebagai berikut: Faktor pendukung adalah fasilitas, sumber daya manusia, dan kerja sama antar pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan. Faktor penghambat adalah kurangnya koordinasi antar pegawai, kurangnya personil Bimbingan Konseling dalam melaksanakan pekerjaan sesuai bidang masing-masing dan kurangnya prasarana seperti ruangan yang terlalu sempit.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:55
Last Modified: 21 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17754

Actions (login required)

View Item View Item