PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA 4 SUBTEMA 2 KELAS V SD/MI DI MI ADABIYAH 2 PALEMBANG

AYU, MELISA TRI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA 4 SUBTEMA 2 KELAS V SD/MI DI MI ADABIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
A. BAB I.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perencanaan desain media pembelajaran Tematik berbasisi Kearifan Lokal pada tema 4 subtema 2 kelas V SD/MI, (2) menguji media pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal pada tema 4 subtema 2 kelas V SD/MI yang valid, (3) menguji media pembelajaran tematik berbasis Kearifan Lokal pada tema 4 subtema 2 kelas V SD/MI yang praktis, (4) menguji media pembelajaran tematik berbasis Kearifan Lokal tema 4 subtema 2 kelas V SD/MI yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model yang dikembangkan oleh Tessmer bernama evaluasi formatif (formative evaluation) yang terdiri dari 5 tahap yaitu : self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation, dan field test. Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi angket dan tes. Uji validitas data menggunakan angket pada tahap expert review dan one to one. Uji kepraktisan data menggunakan angket pada tahap small group sedangkan uji efektivitas menggunakan tes pada tahap field test. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V.4 MI Adabiyah 2 Palembang dengan jumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan desain media pembelajaran tematik Kearifan Lokal dapat digunakan untuk di uji validitasnya yang dilaksanakan pada tahap expert review dan one to one. Hal ini terlihat dari penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yang digunakan untuk merevisi media pembelajaran untuk dijadikan prototype I sehingga dapat diuji validitasnya pada tahap berikutnya, (2) penilaian hasil angket validasi yang dilakukan pada tahap expert review dan one to one berupa skor dengan rata-rata sebesar 84 sehingga dikategorikan sangat valid, (3) penilaian hasil angket kepraktisan yang dilakukan pada small group berupa skor dengan rata-rata sebesar 86 sehingga dikategorikan sangat praktis, serta (4) penilaian hasil tes keefektifan yang dilakukan pada field test berupa skor dengan rata-rata sebesar 86 sehingga dapat dikatakan sangat efektif. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Tematik, Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Tematik Kearifan Lokal
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:54
Last Modified: 03 Dec 2021 02:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18668

Actions (login required)

View Item View Item