NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM SIRAH KHADIJAH KARANGAN ABDUL MUN’IM MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

CAMELA, LATIFAH (2021) NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM SIRAH KHADIJAH KARANGAN ABDUL MUN’IM MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab I.docx

Download (88kB)
[img] Text
Bab V.docx

Download (53kB)

Abstract

Pendidikan adalah kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi, sebab pada hakikatnya pendidikan adalah kebutuhan setiap individu dalam mengembangkan dan mengarahkan kehidupannya di masa yang akan datang, sehingga mampu menghadapi perubahan zaman. Religius merupakan bagian yang paling penting dalam terciptanya suatu hubungan antara manusia dengan Allah SWT, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungan. Ada banyak cara dalam menyampaikan nilai religius dalam pendidikan salah satunya adalah dengan mengkanji sejarah dan biografi kehidupan Khadijah Binti Khuwalid, merupakan sosok teladan yang menginspirasi semua kalangan secara keseluruhan, melalui buku sirah Khadijah, nilai religius beliau dapat dipelajari dengan memahami perjalanan beliau. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk menentukan nilai-nilai religius yang terkandung dalam sirah Khadijah, dan untuk mengetahui relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian library research, yaitu penelitian yang dilakukan kepustakaan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu bermaksud untuk memahami fenomena tentang yang dialami oleh subjek penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian diperoleh dengan menggunakan studi dokumentasi (kepustakaan), yang menggunakan sumber data primer dan sekunder, dan metode analisinya adalah analisis data. Berdasarkan penelitian atau telaah pustaka yang telah dilakukan dan nilai-nilai religius dalam sirah Khadijah karangan Abdul Mun’im Muhammad dapat disimpulkan terdiri dari nilai religius yang berhubungan dengan Tuhan meliputi, nilai ibadah, nilai akhlak dan nilai sabar. Nilai yang berhubungan dengan diri sendiri meliputi, jujur, bertanggung jawab, kerja keras, berpikir logis, kritis dan kreatif, mandiri dan percaya diri. Nilai yang berhubungan sesama meliputi, menghargai karya orang lain, dan santun. Nilai yang berhubungan dengan lingkungan dan nilai yang berhuungan dengan kebangsaan. Kata kunci: Nilai Religius, Sirah Khadijah, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Nilai Religius Sirah Khadijah Pendidikan Agama Islam
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:10
Last Modified: 14 Dec 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18769

Actions (login required)

View Item View Item