PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT SEBAGAI KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK PENYANDANG TUNAWICARA DI SLB PALEMBANG

MAULIDIA, MAULIDIA (2021) PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT SEBAGAI KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK PENYANDANG TUNAWICARA DI SLB PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dpustaka.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini yang berjudul “Penggunaan Bahasa Isyarat Sebagai Komunikasi Nonverbal dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Pendidikan Agama Islam Pada Anak Penyandang Tunawicara di SLB Palembang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahasa isyarat sebagai komunikasi nonverbal dalam meningkatkan pemahaman tentang Pendidikan Agama Islam pada anak penyandang tunawicara di SLB B Karya Ibu Palembang. Metodelogi penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung kepada guru, siswa-siswi dan pihak yang terkait di SLB B Karya Ibu Palembang. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif yaitu pendekatan secara langsung dengan mengumpulkan data-data dan mencari informasi mengenai Pendidikan Agama Islam pada anak tunawicara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi nonverbal, yaitu komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung, melainkan dengan cara bahasa isyarat. Hasil penelitian ini adalah bahasa isyarat sebagai proses komunikasi antara guru dan siswa, saat memaparkan materi guru akan menggunakan metode demonstrasi yang artinya menggunakan peragaan seperti dengan cara ceramah, tanya jawab, menggunakan media seperti menampilkan video, audio, dan gambar-gambar. Dengan cara seperti itu maka dapat memudahkan siswa dalam meningkatkan pemahaman tentang Pendidikan Agama Islam. Materi yang disampaikan dalam Pendidikan Agama Islam seperti membaca dan memahami Al-Qur‟an, praktek ibadah sholat, akhlak, aqidah, serta mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam. Kata kunci: Komunikasi Nonverbal, Bahasa Isyarat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Dec 2021 07:04
Last Modified: 31 Dec 2021 07:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18889

Actions (login required)

View Item View Item