AMIN, KHOIRUL (2021) HUBUNGAN EVALUASI FORMATIF DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 09 OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB I.pdf Download (672kB) |
|
Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (769kB) |
Abstract
Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilakukan pada saat satu sub materi atau satu sub pokok pembahasan telah selesai dilakukan dengan tujuan utamanya adalah untuk perbaikan sehingga mempengaruhi tingkat pemahaman belajar siswa. Tingkat pemahaman belajar adalah kemampuan dalam menggambarkan suatu keadaan atau masalah yang sedang terjadi. Sedangkan Pendidikan Agama Islam adalah suatu upaya yang sadar dan terencana dalam mempersiapkan siswa untuk mampu melihat, memenuhi keyakinan dan ketaqwaan serta menjadi individu yang layak dalam mengamalkan amalan-amalan syar’i. Evaluasi formatif sangat penting untuk dilakukan secara intens sebagai bahan perbaikan dan juga motivasi, serta analisis peserta didik tentang sampai sejauhmana tingkat pemahaman belajar. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data adalah deskriptif. Subjek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 09 Ogan Iir sebanyak 37 responden dari 144 populasi dengan teknik pengumpulan data berupa hasil dari ulangan harian tertulis untuk variabel X (Evaluasi Formatif) dan pengisian angket untuk pengumpulan data variabel Y (Tingkat pemahaman belajar). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari evaluasi formatif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap tingkat pemahaman belajar siswa termasuk ke dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 18 orang dengan presentase 49%, sedangkan tingkat pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam termasuk ke dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 16 orang dengan presentase 44%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh nilai sebesar 0,63 yang telah diujikan pada signifikasi 5% dan n = 37. Uji satu pihak dk = n -2 = 37 – 2 = 35 sehingga diperoleh ttabel = 0,334. Maka rhitung ≥ rtabel. Jadi 0,63 ≥ 0,334. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara evaluasi formatif dengan tingkat pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 09 Ogan Ilir. Kata Kunci : Evaluasi, Formatif, Pemahaman, dan Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Formatif Pemahaman dan Belajar |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 02:46 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 02:46 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18939 |
Actions (login required)
View Item |