PENERAPAN METODE TARGHIB-TARHIB DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SHALAT WAJIB PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIKMAH DI PALEMBANG

NAWANGKALIS, INTAN OKI (2021) PENERAPAN METODE TARGHIB-TARHIB DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SHALAT WAJIB PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIKMAH DI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
2_BAB 1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
6_BAB 5.pdf

Download (98kB)

Abstract

Dalam merealisasikan pembelajaran dalam pendidikan Islam, pendidik jelas memerlukan seperangkat metode. Metode itu merupakan pedoman untuk bertindak dalam merealisasikan tujuan pendidikan. Dan salah satu metode pembelajaran yang ditawarkan Al-Qur’an adalah metode Targhib-Tarhib. metode tersebut merupakan suatu kerangka pembelajaran yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman dengan menggunakan janji (Targhib) akan kesenangan dan ancaman (Tarhib) atas azab akhirat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pendidikan Targhib (penghargaan) dalam meningkatkan disiplin shalat, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pendidikan Tarhib (hukuman) dalam meningkatkan disiplin shalat dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode pendidikan Targhib (penghargaan) Tarhib (hukuman) dalam meningkatkan disiplin shalat. Jenis penelitian digunakan adalah penelitian kualitatif, sebab itu pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data yang bersifat deskriptif kualitatif, metode analisa dimulai pada tahap reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti di MTs Al-Hikmah Palembang dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode Targhib (penghargaan) Tarhib (hukuman) dapat meningkatkan disiplin shalat hal ini terbukti dari semangat siswa/i melaksanakan shalat 5 waktu, jika disiplin dalam shalat akan mendapatkan penghargaan berupa pujian atau hadiah dan jika tidak disiplin maka akan mendapat hukuman.Faktor pendukung dalam penerapan metode pendidikan Targhib ini ialah, kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan guru dalam menerapkan metode ini, serta dilengkapi sarana prasarana yang cukup memadai seperti disediahkan masjid, mukena dll dengan adanya metode Targhib Tarhib siswa lebih rajin dalam melaksanakan shalat. Faktor penghambatnya adalah sebagian siswa/i belum mengerti tentang kewajiban shalat; Kebiasaan siswa/i yang tidak melaksanakan shalat; sebagian siswa/i tidak taat dalam menerima Tarhib (Hukuman) Kata Kunci: Metode Targhib-Tarhib, Disiplin Shalat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Targhib-Tarhib Disiplin Shalat
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:17
Last Modified: 11 Jan 2022 06:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18970

Actions (login required)

View Item View Item