PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB AL-ARABIYAH BAINA YADAI AULADINA DI SEKOLAH AL-FAHD PALEMBANG

HASANAH, ROISATUL (2021) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB AL-ARABIYAH BAINA YADAI AULADINA DI SEKOLAH AL-FAHD PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan kitab al ‘arabiyah baina yadai auladina di sekolah islam Al Fahd Palembang. Pembelajaran bahasa arab merupakan pembelajaran yang membutuhkan teori dan praktek karena bahasa arab merupakan bahasa asing yang tidak sama dengan bahasa ibu. Adapun teori itu sendiri bisa didapatkan dari buku atau kitab berbahasa arab, oleh karena itu dalam pembelajaran bahasa arab tidak lepas dari pemakaian kitab berbahasa arab sebagai bahan rujukan atau pedoman dalam pembelajaran. Seiring perkembangan zaman semakin banyak kitab berbahasa arab yang ditulis dan diterbitkan guna membantu dan menunjang dalam pembelajaran, salah satunya yakni kitab al ‘arabiyah baina yadai auladina yang ditulis oleh Syaikh Abdurrohman bin Ibrahim al Fauzan dan Muhammad bin Abdurrohman ali syekh yang diterbitkan pada tahun 2212. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa arab menggunakan kitab al ‘arabiyah baina yadai auladina di sekolah islam al fahd palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dimana peneliti secara langsung terjun ke lapangan untuk mencari dan menggali data secara rinci terhadap fenomena yang terjadi di lapangan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peniliti menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Dan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Kesimpulan dalam penelitian pertama perencanaan pembelajaran sudah baik dengan menggunakan RPP walaupun RPP yang digunakan sederhana dan tidak sekompleks RPP pada sekolah umum lainya. Kedua proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan pembelajaran mencakup tiga kegiatan yakni pembukaan, kegiatan inti, dan penutup dimana antara peserta didik putra dan putri dipisah, penyampaian materi menggunakan metode yang bervariasi untuk memudahkan pembelajaran. Ketiga evaluasi yang digunakan menyesuaikan dengan materi yang akan diujikan dan terdiri dari evaluasi harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester dan berbentuk lisan serta tulisan. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Kitab al ‘arabiyah Baina Yadai Auladina

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab Kitab al ‘arabiyah Baina Yadai Auladina
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:19
Last Modified: 11 Jan 2022 06:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18973

Actions (login required)

View Item View Item