PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS X MADRASAH ALIYAH MA’ARIFUL ULUM BANYUASIN

YULIANA, NIA (2021) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS X MADRASAH ALIYAH MA’ARIFUL ULUM BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 5.docx.pdf

Download (364kB)

Abstract

Strategi active learning tipe Inquiring Minds Want to Know merupakan strategi pembelajaran aktif yang lebih mengedepankan proses berpikir siswa, dengan meminta mereka untuk membuat perkiraan tentang suatu topik atau suatu pertanyaan. Strategi ini bertujuan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah terkait tugas, materi atau persoalan yang belum terpecahkan sebelumnya melalui diskusi antar sesama siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan strategi active learning tipe Inquiring Minds to Know dan adakah peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Active Learning tipe Inquiring Minds Want To Know pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas X Madrasah Aliyah Ma’ariful Ulum Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design jenis post-test only control design. Penelitian ini dilakukan oleh 50 peserta didik yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan strategi active learning tipe Inquiring Minds Want to Know. Hasil pengujian dari kedua kelompok tersebut terdapat peningkatan yang didapatkan melalui hasil uji t. Hasil uji t diketahui t0 2,01 < 3,851 > 2,68 pada taraf signifikansi 5% maka bisa ditarik kesimpulan yaitu Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X setelah belajar menggunakan strategi active learning tipe Inquiring Minds Want to Know. Maka dapat disimpulkan penerapan strategi active learning tipe Inquiring Minds Want to Know dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Ma’ariful Ulum Banyuasin. Kata kunci: Strategi Inquiring Minds Want to Know, Hasil Belajar, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Inquiring Minds Want to Know, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:36
Last Modified: 18 Jan 2022 01:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19094

Actions (login required)

View Item View Item