KONSTRUKSI PEMBERITAAN RANCANGAN UNDANGUNDANG PENGHAPUSAN KEKERASAN SEKSUAL (RUUPKS) DI MEDIA ONLINE (Analisis Framing di kompas.com dan tirto.id)

Sinta, Sinta (2021) KONSTRUKSI PEMBERITAAN RANCANGAN UNDANGUNDANG PENGHAPUSAN KEKERASAN SEKSUAL (RUUPKS) DI MEDIA ONLINE (Analisis Framing di kompas.com dan tirto.id). Undergraduate Thesis thesis, Framing, Media, Kekerasan, Seksual..

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan peristiwa penarikan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dari Prolegnas Prioritas 2020 ditengah maraknya kasus kekerasan seksual yang menyita perhatian publik. Media massa melalui pemberitaannya berperan penting dalam mempengaruhi persepsi masyarakat. Seorang wartawan menyisipkan pemikiran mereka terhadap informasi yang mereka peroleh di lapangan sesuai dengan ideologi media. Dampaknya realitas bergantung dari bagaimana fakta dikonstruksikan oleh media. Dalam penelitian ini media massa yang dipakai adalah kompas.com dan tirto.id. Kedua media dipilih karena berhasil lolos verifikasi International Fact Checking Network yang hanya lima media indonesia tersertifikasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemaknaan kompas.com dan tirto.id dalam membingkai pemberitaan RUU PKS serta Perbandingan bingkai antara kompas.com dan tirto.id. Permasalahan di atas dijawab menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian diambil dari dokumentasi dengan mengumpulkan teks berita tentang RUU PKS dari media kompas.com dan tirto.id. Penelitian ini menggunakan teori analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan perangkat sintaksis, skrip, tematik, retoris. Hasil analisis kompas.com mengkonstruksikan pemberitaan penarikan RUU PKS dari Prolegnas Prioritas 2020 dengan frame DPR telah berupaya membahas dan mengesahkan RUU PKS meskipun menemui jalan buntu hingga akhirnya RUU PKS digeser kedalam Prolegnas Prioritas 2021. Menyajikan berita dengan kata-kata bijaksana untuk mengetahui alasan-alasan penarikan RUU PKS dari Prolegnas Prioritas 2020. Sedangkan tirto.id mengkonstruksikan pemberitaan penarikan RUU PKS dari Prolegnas Prioritas 2020 dengan frame kritikan atas kerja DPR dalam memproses RUU PKS serta menentang keputusan DPR dalam mengeluarkan RUU PKS dari Prolegnas Prioritas 2020 dengan sanggahan yang didukung penyajian data dan narasumber.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Framing, Media, Kekerasan, Seksual.
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 24 Feb 2022 06:48
Last Modified: 24 Feb 2022 06:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19559

Actions (login required)

View Item View Item