FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN BERMASALAH PADAPEMBIAYAAN KPR IB MUAMALAT (STUDI KASUS BANK MUAMALAT KC PALEMBANG)

Handayani, Eriyanti (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN BERMASALAH PADAPEMBIAYAAN KPR IB MUAMALAT (STUDI KASUS BANK MUAMALAT KC PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Produk yang ada di Bank Muamalat KC Palembang salah satunya adalah KPR iB Muamalat. Bagi masyarakat yang akan membeli, membuat, merenovasi rumah produk tersebut sangat diminati. Tetapi pembiayaan yang disalurkan kepada nasabah tidak semuanya berjalan lancar atau terdapatkendala dan masalah. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu penyebab bermasalahnya penyaluran pembiayaan dan strategi apa yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif lalu pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan: a. Ada dua (2) faktor yang menjadi penyebab bermasalahnya pembiayaan produk KPR iB Bank Muamalat yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal disebabkan oleh karakter nasabah yang buruk bangkrutnya usaha dari nasabah dan karyawan yang di PHK. Sedangkan faktor internal disebabkan oleh pihak bank. Seperti kurang telitinya petugas bank dalam menganalisis pembiayaan yang mengakibatkan kurang optimalnya waktu pembayaran angsurandari nasabah. b. Strategi yang dilakukan Bank Muamalat KC Palembang untuk mengatasi masalah penyaluran produk KPR iB Muamalat adalah dengan melakukan cara intensif melakukan pendekatan kepada pelanggan, restrukturisasi, eksekusi jaminan dan pemberian surat peringatan kepada karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Bermasalah
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:24
Last Modified: 14 Apr 2022 02:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20230

Actions (login required)

View Item View Item