(Pembelajaran Kooperatif pada Materi Nahwu dengan Media Permainan UNO Stacko di MAN 1 Palembang)

Yuliani, Dinda (2022) (Pembelajaran Kooperatif pada Materi Nahwu dengan Media Permainan UNO Stacko di MAN 1 Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
التعليم التعاوني في مادة النحو بواسطة لعبة Stacko UNO في المدرسة العالية.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
قائمة المراجع و المصادر.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilitar belakangi oleh permasalahan yang ada pada siswa dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya minat siswa pada pembelajaran nahwu, yang mengakibatkan hasil dan proses pembelajaran kurang efektif, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya disebabkan oleh penggunaan metode yang tidak bervariasi dan media yang kurang inovatif pada saat proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif dan merasa bosan. Oleh karena itu perlu adanya penerapan sebuah metode dan media yang menuntaskan permasalahan tersebut, dalam hal ini peneliti memilih metode pembelajaran kooperatif dengan media permainan UNO Stacko. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kombinasi atau Mixed Methods. Model Penelitian yang digunakan dalam penelitian kombinasi ini adalah sequential exploratory, yaitu pada tahap awal menggunakan metode kualitatif dan tahap berikutnya metode kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, tes dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan aplikasi SPSS maka Uji T (Paired) yang didapatkan yaitu nilai signifikan (Sig) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan H0 ditolak dan diterima sebagai Ha yang artinya terdapat peningkatan proses dan hasil belajar pada mata pelajaran nahwu setelah diterapkan pembelajaran kooperatif dengan permainan UNO Stacko, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu rata-rata sebesar 89, sedangkan untuk kelas kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata 55. Adapun dalam perhitungan uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai ratarata N-Gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 75.6609 atau 76% termasuk dalam kategori efektif. Sementara nilai rata-rata N-Gain untuk kelas kontrol adalah sebesar 50.6258% termasuk dalam kategori kurang efektif. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan media permainan UNO Stacko efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran nahwu pada siswa kelas X di MAN 1 Palembang. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, UNO Stacko, Nahwu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, UNO Stacko, Nahwu.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:32
Last Modified: 24 Jun 2022 03:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20788

Actions (login required)

View Item View Item