Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan Buku “Fil Lughoh Al-Arobiyah” pada Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang

Pratiwi, Aulia Reza (2022) Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan Buku “Fil Lughoh Al-Arobiyah” pada Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan Buku “Fil.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan buku “Fil Lughoh Al-Arobiyah” pada Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini terfokus pada pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan buku “Fil Lughoh Al-Arobiyah” yaitu menambah hafalan kosakata dan ilmu dasar bahasa arab untuk peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran bahasa arab menggunakan buku “Fil Lughoh AlArobiyah” pada siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang terkait tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan mengambil tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data model Milles and Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan dari pembelajaran bahasa arab menggunakan buku “Fil Lughoh Al-Arobiyah” pada siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang ini adalah mampu berbahasa arab yang baik dan benar secara lisan maupun tulisan. Pada kelas X yaitu pengenalan kosakata, kelas XI penerapan dalam membuat kalimat sesuai dengan kaidah yang tepat, dan untuk kelas XII bertujuan untuk penguasaan siswa dalam penggunaan kosakata yang baik dan benar. Proses pembelajaran bahasa arab dengan buku “Fil Lughoh Al-Arobiyah” guru meminta siswa untuk membuat kalimat dengan menggunakan kaidah yang baik dan benar, serta memilih kosakata yang tepat karena metode yang digunakan guru adalah metode sam’iyyah wa safawiyah, metode ceramah, metode mencocokkan kata, dan metode demonstrasi dengan model Discovery Learning. Sedangkan buku adalah sumber belajar yang dioptimalkan dengan menggunakan strategi pendekatan ilmiah. Evaluasi pembelajaran bahasa arab menggunakan buku “Fil Lughoh AL-Arobiyah” sebagaimana UTS dan UAS dengan tambahan tugas harian, biasanya siswa diminta untuk mengerjakan soal yang ada di buku seperti membuat kalimat dan juga menghafalkan beberapa kosakata. Sehingga dari tugas harian tersebut mampu meningkatkan nilai siswa sehingga mampu memenuhi nilai KKM yang telah ditetapkan. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Buku “Fil Lughoh AL-Arobiyah”

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Buku “Fil Lughoh AL-Arobiyah”
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:12
Last Modified: 12 Jul 2022 06:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21115

Actions (login required)

View Item View Item