PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PLURALISME AGAMA SISWA DI SMP NEGERI 1 MUARA PDANG KABUPATEN BANYUASIN

Hanifah, Siti Dzurotun (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PLURALISME AGAMA SISWA DI SMP NEGERI 1 MUARA PDANG KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Siti Dzurotun Hanifah.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak .pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
Bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pluralisme adalah satu diantara kata yang paling singkat untuk menggambarkan dunia yang berkaitan perbedaan adat istiadat, agama, dan nilai yang perlu disadari oleh masyarakat agar hidup berdampingan dalam perbedaan dan keberagaman. Umumnya pluralisme terbagi menjadi tiga jenis yakni pluralisme sosial, pluralisme agama dan pluralisme budaya. Pluralisme agama tidak hanya dimaknai sebagai masyarakat yang majemuk dan beraneka ragam yang terdiri dari bermacam-macam agama, akan tetapi pluralisme agama harus berhubungan dengan kebinekaan dalam ikatan-ikatan keadaban. Pluralisme agama memiliki tujuan sebagai sikap penghormatan terhadap perbedaan-perbedaan yang ada dengan maksud menjaga kebhinekaan dan menghindari terjadinya perpecahan. Kehidupan saat ini tidak dapat terlepas dari adanya perbedaan-perbedaan, tidak terkecuali pada lembaga pendidikan di Indonesia yang siswanya memiliki keberagaman agama sehingga diperlukan adanya pemahaman dan penanaman pengetahuan mengenai nilai-nilai pluralisme kepada siswa, umumnya sekolah yang berada di Kecamatan Muara Padang adalah sekolah umum yang dimana peserta didik mayoritas beragama Islam sehingga siswa non muslim menjadi minoritas, seperti halnya pada SMP Negeri 1 Muara Padang yang siswanya menganut agama yang berbeda. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif. Dengan Jenis penelitian lapangan yaitu dengan mengadakan penelitian terhadap objek yang dituju untuk memperoleh data yang benar dan terpercaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tujuan memperoleh data deskriptif. Hasil dari penelitian peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai pluralisme agama kepada siswa di SMP Negeri 1 Muara Padang adalah guru berperan sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, teladan dan evaluator bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran, guru, pluralisme
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: SITI DZUROTUN HANIFAH
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:02
Last Modified: 09 Aug 2022 01:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item View Item