Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Terintegrasi Praktikum Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI SMA Negeri 1 Tebing Tinggi

Wulandari, Ayu (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Terintegrasi Praktikum Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Ayu Wulandari.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi Ayu Wulandari.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1-5 Skripsi Ayu Wulandari.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi Ayu Wulandari.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Monopoly is a world famous board game with a simple economic system. Monopoly can be used as a learning medium. Monopoly learning media is visual media, this learning media is modified into various learning themes. Monopoly media is a learning aid with a board game containing colorful and illustrated plots with question cards, opportunity cards, general fund cards and property cards. The practicum integrated monopoly learning media is media that is modified from the monopoly game which contains learning material and inserts practicum activities. The purpose of this study was to determine the validity, practicality and effectiveness of the integrated monopoly learning media practicum on the material of the XI class human excretory system in high school. This research uses the R&D method with the Rowntree development model with a limit of two stages, namely the planning stage and the development stage. At the evaluation stage, the researcher used the Tessmer formative evaluation stage. Data collection techniques used in this study are walkthrough and questionnaire techniques. The data analysis technique used is questionnaire data analysis. The sample population in this study were students of class XI. The results of this study indicate that monopoly learning media is classified as very valid criteria with an average value of 88%, practical with an average value of 70%, and classified as effective criteria. The effectiveness criteria were obtained based on the results of the pre-test and post-test of students whose results increased from 45.00 to 80.00. Based on the results of the study, it can be concluded that the monopoly learning media on the material of the human excretory system class XI is proven to be suitable for use in learning. Keywords: integrated monopoly practicum, learning media, human excretory system ABSTRAK Monopoli adalah permainan papan terkenal di dunia dengan sistem ekonomi yang sederhana. Monopoli dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran monopoli adalah media visual, media pembelajaran ini dimodifikasi menjadi berbagai tema pembelajaran. Media monopoli merupakan alat bantu belajar dengan papan permainan yang berisi petak bergambar dan berwarna-warni terdapat kartu soal, kartu kesempatan, kartu dana umum dan kartu hak milik. Media pembelajaran monopoli terintegrasi praktikum yaitu media yang dimodifikasi dari permainan monopoli yang berisi materi pembelajaran dan didalamnya disisipkan kegiatan praktikum. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran monopoli tertintegrasi praktikum pada materi sistem ekskreasi manusia kelas XI di SMA. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan Rowntree dengan batasan dua tahapan, yaitu tahap perencanaan dan tahap pengembangan. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan tahap evaluasi formatif Tessmer. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik walkhtrough dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data angket. Populasi sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli tergolong kriteria sangat valid dengan rata-rata nilai 88%, praktis dengan rata-rata nilai 70%, dan tergolong kriteria efektif. Kriteria keefektifan didapat berdasarkan hasil pre-test dan post-test peserta didik yang memperoleh hasil meningkat dari 45,00 menjadi 80, 00. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI ini terbukti layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: media monopoli terintegrasi praktikum, media pembelajaran, sistem ekskresi manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media monopoli terintegrasi praktikum, media pembelajaran, sistem ekskresi manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: AYU WULANDARI
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:22
Last Modified: 17 Nov 2022 02:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23615

Actions (login required)

View Item View Item