METODE MEDITASI ISLAM UNTUK MENJAGA KESEIMBANGAN PSIKOLOGIS PERKEMBANGAN REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI ANALISIS BUKU THREE MINUTE MEDITATOR KARYA DAVID HARP DAN NINA FELDMAN

Rahmasari, Rizki (2022) METODE MEDITASI ISLAM UNTUK MENJAGA KESEIMBANGAN PSIKOLOGIS PERKEMBANGAN REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI ANALISIS BUKU THREE MINUTE MEDITATOR KARYA DAVID HARP DAN NINA FELDMAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana cara metode meditasi Islam untuk menjaga keseimbangan psikologis perkembangan remaja pada masa pandemi Covid-19. Maka penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang penelitian ini. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana metode meditasi islam bisa membantu untuk menjaga keseimbangan psikologis perkembangan remaja pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan library research dan pengumpulan data dengan metode analisis isi dan teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini Dalam kajian agama meditasi Islam merupakan kajian pikiran terus-menerus untuk merenungkan beberapa hal tentang suatu kebenaraan yang bersifat keagamaan dan sebagai sarana untuk latihan ibadah. Meditasi islam dengan cara berdzikir membantu untuk lebih menjernihkan pikiran dan memusatkan perhatian mental menjadi dewasa. Kondisi psikologis remaja pada masa pandemi Covid-19 nyatanya ikut terpegaruh gangguan keseimbangan psikologis yang dialami dapat dilihat dari perubahan perilaku yang ditandai dengan suasana hati yang bisa berubah-ubah yang berlangsug relatif lebih lama. Dan meditasi islam menurut buku “Three Minute Meditator” karya David Harp dan Nina Feldman strategi yang bisa dilakukan yaitu menjernihkan pikiran, mengamati pikiran dan menjinakkan pikiran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Meditasi Islam, Keseimbangan Psikologis Remaja, Covid-19
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: RIZKI RAHMASARI
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:40
Last Modified: 03 Jan 2023 04:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24296

Actions (login required)

View Item View Item